Kamis, 17 November 2016

Wanita Karier..

TIPS-TIPS 
MENJADI SEKRETARIS PROFESIONAL



Menjadi seorang sekretaris bukanlah hal yang mudah, tetapi ketika kita menguasai bagimana menjadi seorang sekretaris yang profesional, akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.
Tapi jangan khawatir, karena disini saya akan sedikit mengulas tips bagaimana menjadi seorang sekretaris yang profesional.

Tips-tips menjadi seoorang sekretaris profesional :

1. Memiliki kepribadian yang baik
Seorang sekretaris bukan hanya harus berpenampilan menarik, tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris profesional harus ramah, baik, dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada bos saja, tapi sekretaris juga harus menunjukkan kepribadian yang baik kepada relasi atau kawan sekantor.
 
2. Memiliki etika yang baik 
Selain memiliki kepribadian yang baik, seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik. Etika yang baik itu, seperti baik dalam hal berbicara, makan, duduk, dan lain sebagainya. Etika yang baik itu harus dimiliki oleh seorang sekretaris karena berkaitan dengan citra perusahaan.
 
3. Pandai bicara di depan publik
Terkadang, sekretaris diminta untuk menemani pemimpin untuk melakukan presentasi menggantikan dirinya. Untuk itu, seorang sekretaris harus bisa belajar bicara yang baik di depan publik atau pada saat meeting.
 
4. Membuat citra baik untuk perusahaan 
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris merupakan tangan kanan sang pemimpin perusahaan, dirinya harus menampilkan citra perusahaan yang baik.
 
5. Pandai menjaga rahasia
Seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan oleh pemimpin untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan oleh sang pemimpin. Untuk itu, seorang sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pimpinan.

6. Mengerti teknologi 
Seorang sekretaris bukan hanya pandai berdandan, tapi harus juga mengerti teknologi. Dengan mengerti teknologi tentunya akan memudahkan seorang sekretaris untuk mendapatkan informasi, menerima atau mengirim email, dan lain sebagainya.
 
7. Mengerti accounting dan pembukuan 
Sekretaris juga harus mengerti accounting dan pembukuan. Hal tersebut harus dikuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor. Dengan menguasai hal tersebut, tentunya Anda bisa menjadi seorang sekretaris profesional.

8. Harus bisa bahasa asing 
Menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah jika dimiliki oleh seorang sekretaris. Terkadang, atasan meminta seorang sekretaris untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri. 

Inilah beberapa tips-tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk kita yang ingin menjadi seorang sekretaris profesional. 



Profil D3 Sekretari





Program Studi Sekretari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana bertujuan untuk menggali potensi dan profesionalitas mahasiswa di bidang administrasi bisnis dan kesekretarisan. Program Studi ini menghasilkan lulusan Ahli Madya di bidang kesekretarisan dan administrasi bisnis yang utuh: etis, kompeten, profesional, kreatif, berjiwa pemimpin, dinamis, komunikatif, berdwibahasa serta menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sama dengan pengusaha, industriawan dan pimpinan organisasi dengan berbagai latar belakang, baik di dalam maupun di luar negeri.


Sesuai dengan tujuannya Program Sekretari menekankan pada penguasaan ketrampilan praktis, berbasis pengetahuan dan konsep yang kuat. Pembelajaran dilengkapi sarana laboratorium perkantoran yang lengkap dan modern, serta menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selain itu didukung oleh interaksi staf pengajar dan mahasiswa yang fleksibel dengan menjaga profesionalitas masing-masing. 
Kunjungi juga http://sekretariuksw.blogspot.co.id/2012/05/s-elamat-datang-di-blog-program-studi.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar